Sejarah Nintendo, Game Konsol Terlaris

Sejarah Nintendo, Game Konsol Terlaris – Ketika kita membahas game konsol pasti tidak akan melewatkan nama Nintendo. Nintendo sebagai perusahaan game konsol yang memiliki nama yang melekat jelas di ingatan para peminat game konsol. Nitendo sendiri memiliki produk game konsol yang melegenda seperti Nintendo Wii dan Nintendo DS yang sudah banyak di gunakan oleh hampir seluruh peminat game yang ada di dunia. Banyak juga game populer yang selalu di kaitkan dengan merek game konsol Nintendo seperti Mario Bros. Pada bulan September 2020 kemarin, Nintendo merayakan ulang tahun yang ke-131. Bagi para pengemar Nintendo setia pasti wajib mengetahui sejarah Nintendo dari awal hingga sampai saat ini menjadi raja game konsol yang mendunia.

Sejarah Nintendo

Nintendo dulunya adalah produsen mainan anak-anak yang di dirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tahun 1889. Perannya sendiri sebagai seorang pengusaha sekaligus seniman yang bertujuan mencari ide untuk membuat permainan yang menarik. Pada saat Yamauchi memproduksi perangkat mainan kartu yang di namakan Hanafuda, Permainan kartu tersebut laris manis di kalangan anak-anak. Permintaan yang meledak membuat Yamauchi merekrut sejumlah orang untuk dapat menjadi staf. Permainan kartu Hanafuda tersebut menjadi pilar pendukung utama yang pada akhir nya dapat mendukung Nintendo selama 70 tahun. Namun pada akhirnya tren kartu tersebut kian menurun setelah di kaitkan dengan dunia mafia dan judi. Bahkan yang lebih parah lagi, ada sebagian anggota Yakuza mentato gambar kartu Hanafuda pada bagian tubuh mereka. Agar bisa menghindari stigma buruk pada perusahaan, Nintendo pun akhirnya menghentikan pembuatan mainan kartu Hanafuda pada tahun 1960.

BACA JUGA : Game Football Manager : Sejarah Awal

Kepemimpinan Hiroshi Yamauchi

Pada tahun 1960, kekuasaan kepemimpinan Nintendo di serahkan kepada Hiroshi Yamauchi yang adalah cicit dari sang pendiri Nintendo. Di usianya yang masih muda, Hiroshi sudah dapat menunjukkan sifat kepemimpinan yang di segani. Hiroshi sendiri memiliki kepribadian yang berani mengambil resiko dan memiliki pemikiran inovatif, namun Hiroshi sendiri bukanlah peminat game. Faktanya Hiroshi sendiri hanya memainkan 1 game saja seumur hidupnya. Hiroshi sendiri memiliki mimpi besar yaitu menjadikan Nintendo sebagai perusahaan yang dapat memproduksi game elektronik dan game arcade. Mulai dari saat itupun Nintendo mulai melucurkan beberapa game elektronik yang sangat di sambut oleh masyarakat. Keuntungan yang di peroleh oleh Nintendo pun sangat besar.

Saat tren video game muncul pada tahun 1970-an Nintendo memutuskan merakit perangkat video game pertamanya pada tahun 1975. Video game tersebut di rancang khusus untuk pengemar game Othello. Video game tersebut pun mendapatkan sambutan yang sangat hangat dan meriah dari masyarakat. Dari saat itu Nintendo menjadi perusahaan Video game yang terpandang dan lebih terpandang lagi saat meluncurkan produk game Donkey Kong yang di buat oleh Shigeru Miyamoto. Game tersebut sangat laku keras di pasaran. Bahkan toko utama dalam game tersebut menjadi karakter paling ikonik. Mulai saat itu Nintendo terus memproduksi video game populer. Di antara game populer tersebut antara lain adalah Super Mario Bros, The Legend of Zelda, dan Donkey Kong Jr yang kemudian menjadi lanjutan dari seri pertamanya.

Game konsol Nintendo

Nintendo yang sukses di bidang video game memang tidak di ragukan lagi. Namun tentu saja Nintendo sendiri belum puas. Setelah sukses dalam produk video gamenya, Nintendo kemudian mulai memasukin bidang game konsol. Kemudian setelah proses yang terbilang cukup lama, Nintendo secara resmi meluncurkan game konsol pertamanya, yaitu Famicom pada tahun 1983 di Jepang.

Setelah dua tahun peluncuran pertamanya pada tahun 1985 Famicom secara resmi di pasarkan di Amerika Serikat dengan nama Nintendo Entertainment System (NES). Tidak berhenti di situ saja, Nintendo terus berperang di pasar game internasional dengan produk handheld konsolnya, yaitu Gameboy di tahun 1989. Kelebihan dari konsol Gameboy sendiri adalah dapat memainkan banyak game dan di mana saja. Nintendo Gameboy sendiri menjadi salah satu terobosan paling populer dari perusahaan Nintendo sampai puluhan tahun kemudian.

Super Nintendo Entertainment System

Game konsol yang di produksi oleh Nintendo selanjutnya adalah Super Nintendo Entertainment System (SNES). Fitur- fitur tambahan pada game konsol juga mendapatkan perbaikan spesifikasi dari perangkat game konsol Famicom. Tidak heran jika kemudian game ini juga di kenal dengan nama Super Famicom. Dengan Nintendo yang merupakan perusahaan game Jepan, maka masyarakat jepang dapat menjajal game konsol ini terlebih dahulu sebelum negara-negara lain. Game Konsol Super Famicom ini di rilis oleh Nintendo di tahun 1990 di bulan November. Sedangkan untuk pasar Amerika Serikan dan Eropa baru bisa mencoba game konsol ini pada tahun 1991 dan 1992.

Penjualan game konsol SNES dari Nintendo mencapai angka 61.91 juta unit. Yang secara otomatis membuat game konsol ini menjadi game konsol kedua terlaris dalam sejarah Nintendo. Penjualan game konsol ini juga berhasil mengalahkan pesaing utamanya saat itu. yaitu perangkat Mega Drive yang di luncurkan perusahaan SEGA. Bagi kalian yang sudah pernah menjajal game konsol ini pastinya masih mengenang dengan berbagai jenis game yang dapat di mainkan oleh perangkat ini. beberapa game tersebut adalah Final Fantasy 6, Yoshi’s Island, Super Metroid, dan Earthbound.

Di tahun 1995 Nintendo mencoba memasuki ranah game Virtual Reality. Dengan meluncurkan perangkat Virtual boy, tapi sayangnya produk ini tidak mendapatkan sambutan yang bagus. Banyak pihak yang mengatakan bahwa Virtual Boy merupakan produk Nintendo yang gagal total. Hal ini di buktikan dengan hasil penjualan yang hanya mencapai kurang lebih 770 ribu unit.

Dengan mendapatkan kritik pedas, Nintendo akhirnya memutuskan untuk lebih berfokus pada pengembangan perangkat handeld game konsol. Di tahun 2004, Nintendo akhirnya meluncurkan perangkat game konsol terbarunya, yaitu Nintendo DS. Sedangkan untuk Nintendo Wii di luncurkan pada tahun 2006.

Konflik Nintendo dan Sony

Perjalanan Nintendo di bidang game konsol memiliki beberapa kontroversi, salah satunya adalah konflik antara Nintendo dan Sony. Sony yang pada saat itu berfokus pada perangkat elektronik telah memutuskan menerima tawaran dari Nintendo untuk bekerjasama dalam pembuatan game konsol terbaru. Game konsol yang di minta oleh Nintendo adalah perangkat game yang memanfaatkan CD, dan bukan cartridge seperti yang selama waktu itu menjadi standar bagi semua produk Nintendo.

Namun ketika Sony sudah berhasil merakit perangkat game konsol yang di inginkan, Nintendo kemudian memutuskan untuk bekerja sama dengan Philips. Keputusan ini di buat secara sepihak dan akhirnya membuat Sony menjadi marah. Hubungan kerja sama antara Sony dan Nintendo akhirnya berakhir. Semenjak saat itu Sony menjadi pesaing utama Nintendo dengan berbagai produk Playstationnya.

Semoga dengan informasi sejarah Nintendo di atas dapat menambah pengetahuan singkat tentang sejarah awal Nintendo di bidang game konsol.

Penulis : Nuclearworld

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *